Sabtu, 31 Oktober 2009

PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA

PENGERTIAN DASAR

LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles(384-322SM)

ALGORITMA
Diperkenalkan oleh ahli matematika :Abu ja'far muhammad ibnu musa alkhawarizmi (persia -thn 825 M) kitab a jabrw'al muqabala.

DFINISI LOGIKA
1.Penalaran atau bentuk pemikiran .
2.Ilmu yg memberikan prinsip2 yg harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yg berlaku.

DEFINISI ALGORITMA
1.Langkah 2 yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2.Suatu prosedur yg merupakan urutan langkah 2 yg berintegrasi.
3.Suatu metode khusus yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yg nyata (Webster Dictionary)

KRITERIA PEMILIHAN ALGORITMA
  • Ada output.
  • Efektifitas dan efisiensi.
  • Jumlah langkahnya berhingga.
  • Berakhir---->SEMI ALGORITMA
  • TERSTRUKTUR.
TAHAPAN ANALISA ALGORITMA
1.Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
2.Bagaimana menyatakan suatu algoritma.
  • Dengan bahasa semu(pseudocode).
  • Dengan diagram alur atau flowchart.
  • Dengan statement program /penggalan program.
3.Bagaimana validitas suatu algoritma.
4.Bagaimana menganalisa suatu algoritma .
5.Bagaimana menguji suatu program algoritma .

TAHAP PROSES UJI ALGORITMA
  1. FASE DEBUGGING
Fase dari proses eksekusi yg akan melakukan koreksi terhadap kesalahan .

2.FASE PROFILLING

Fase yg akan bekerja jika program tersebut sudah benar (lewat fase debugging)

ANALISA SUATU ALGORITMA
a.waktu tempuh .
  1. Banyaknya langkah.
  2. Besar dan jenis input data.
  3. Jenis operasi.
  4. Komputer dan kompilator.
b.Jumlah memori yang digunakan.

SIFAT -SIFAT ALGORITMA
  • Banyaknya langkah instruksi harus berhingga .
  • Langkah atau instruksi harus jelas.
  • Proses harus jelas dan mempunyai batasan.
  • Input dan output harus mempunyai batasan.
  • Efektifitas.
  • Adanya batasan ruang lingkup.
KONSEP ALGORITMA
  1. ALGORITMA PE-UBAH
adalah variabel yg nilainya bukan konstanta(selalu berubah sesuai dengan kondisi variabel terkini )
Sintaks : P = Q
Algoritma : P<--- Q
Arti :Bahwa nilai P diberi harga Q
Nilai P akan SAMA DENGAN nilai Q,&nilai Q TETAP.

2.ALGORITMA PERTUKARAN

Berfungsi mempertukaran masing 2 isi variabel sedemikian sehingga nilai dr tiap variabel akan berubah atau bertukar.

Jumat, 30 Oktober 2009

KONSEP TIPE DATA C++

PEMBAGIAN TIPE DATA :
  • TIPE SEDERHANA
a.int,bool,char.
b.tipe float.
  • TIPE STRING
  • TIPE TERSTRUKTUR
a.array dan struct.

VARIABEL DAN KONSTANTA

VARIABEL
  • Untuk menyimpan suatu nilai ,dan nilai yg ada padanya dpt diubah selama eksekusi berlangsung .
  • penaman variabel bersifat case sensitive.
  • Harus dideklarasikan dahulu sebelum digunakan
contoh :int alas ,tinggi;

KONSTANTA
Sebuah variabel dgn tipe data tertentu dan memiliki nilai data yg akan selalu tetap didalam program .
contoh: const phi=3,14;

I.TIPE SEDEHANA PADA C++
1.Tipe int:tipe data yg nilainya tidak memiliki titik desimal ( 16 -32 bit).
2.Tipe float :tipe data yg merupakan pecahan (32-64bit).
3.Tipe char :digunakan untuk menampung sebuah karakter .
contoh :'A'--> karakter huruf A
'1'-->karakter huruf angka 1
'*'--->karakter simbol *
4.Tipe bool :nilai penagambilan suatu keputusan pd program ,tipe ini mempunyai 2 nilai yaitu benar (T)/salah (F) .operator AND,OR /NOT
  • AND--->0 (SALAH) dan 1(benar)
  • NOT---->0(BENAR)dan 1(salah)
  • OR----->Satu salah lain bnr ( benar )
II .Tipe string(1-255 karakter) nilai string (")
bentuk umum:
tipe _data pengenal [panjang];
pengenal =nama variabel
panjang =bilangan bulat yg menunjukan jmlh karakter
contoh:char nama [15];
III.Tipe terstruktur
Untuk mengelompokan data dgn tipe yg berlainan.
contoh:
struct data_pegawai
{
int nip;
char nama[25];
char alamat[40];
}


CONTOH PROGRAM SEDERHANA
#include
#include
#include
main()
{
int x,y,z;
clrscr();
cout<<"\n input nilai x=";cin>>x;
cout<<"\n input nilai y=";cin>>y;
z=x+y;
cout<<"\n hasil penjumlahan='<
getch();
}



REFERENSI MATERI LOGIKA DAN ALGORITMA

1.www.dwiantoro.com
2.www.rumahbuku.net
3.MATERI MODUL BSI TENTANG LOGIKA DAN ALGORITMA .